Rabu, 24 Januari 2018

Waktunya Bertumbuh Ketika Lelah #KatakanSaja

 "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu."  Efe 4:32

Cobalah untuk menceritakan kepada seorang sahabat yang Anda percayai tentang aspek pertumbuhan rohani apa yang Anda rindukan. Mintalah bantuannya untuk ikut mendoakan dan mendorong Anda bertanggung jawab pada keputusan Anda. Kemudian bersabarlah. Kerohanian Anda akan bertumbuh apabila Anda mengizinkan Roh Kudus bekerja di dalam diri Anda.

Tuhan, berilah aku kesabaran terhadap diriku sendiri dan sesamaku. Tolonglah aku untuk bekerja sama dengan Roh Kudus ketika Dia membentuk kerinduanku dan menolongku bertumbuh.
Setiap langkah kecil dalam iman merupakan langkah besar menuju pertumbuhan rohani.

Lepas bulan april 2017.
Pernikahan adalah suatu hubungan dimana dua pribadi bercampur menjadi satu. Tiap pribadi mempunyai kehendak, kebutuhan dan cita-citanya sendiri. Karena tiap pribadi adalah unik, dan karena apa yang tiap pribadi bawa juga unik, konflik mungkin terjadi. Kenyataannya, mungkin ada banyak konflik dalam kehidupan pernikahan. Ini bukanlah sesuatu yang buruk. Ini hal yang wajar. Bagaimana tiap pasangan menanggapi konflik tersebut adalah hal yang utama.  
Kamus menjabarkan konflik sebagai "suatu perjuangan, pertentangan, benturan dan ketidakcocokan yang tajam, kehendak yang bertolak belakang." Pertentangan dapat menjadi suatu waktu untuk hubungan pernikahan yang bertumbuh atau justru bisa menjadi betul-betul menyakitkan, tidak terselesaikan, dan menghancurkan. Banyak orang Kristen yang tidak menghadapi masalah secara terbuka sebab tidak ada yang telah menBacalah  Yak 4:1-3. Sebelum pernikahan, suatu pribadi sudah hidup terpisah selama dua puluh tahun atau lebih. Selama jangka waktu itu, setiap pribadi sudah menumbuhkan suatu selera, pilihan, kebiasaan, kesenangan dan ketidaksenangan, nilai-nilai dan standar secara individu. Upacara pernikahan tidak membuang semua perbedaan secara individu ini. Acara ini tidak menyebabkan mereka selalu ingin melakukan sesuatu, cara dan waktu yang sama. Tentu saja pasangan tersebut akan Mempunyai perbedaan pendapat dan pilihan dan ini akan menuju kepada berbagai ketidakcocokan. 
Orang-orang menanggapi konflik/pertentangan dengan cara yang berbeda.
1. Beberapa orang memilih untuk menyendiri. Mereka mungkin secara fisik meninggalkan ruangan atau tempat pertentangan tersebut. Mereka mungkin menyendiri secara jiwa dengan tidak berbicara, dengan mengabaikan lain, atau menutup diri sehingga tidak ada perkataan atau perbuatan yang mengena mereka.
2. Beberapa orang merasa bahwa mereka harus menang, tidak peduli berapapun ’ harganya’. Karena tiap pribadi dalam pasangan dalam pernikahan sangat tahu kelemahan dan luka yang dimiliki pasangannya, maka mereka sering menggunakan bagian ini untuk memaksa pasangannya untuk menyerah. "Si pemenang" mungkin menyerang harga diri atau kebanggaan yang lain supaya menang.
3. Beberapa orang mengalah dalam suatu pertentangan agar bisa berbaikan kembali dengan pasangan mereka. Mereka menyembunyikan kemarahan dan membiarkannya tetap ada. Mereka mungkin menyimpan kepahitan dan luka hati namun tetap melanjutkan hidup bersama dengan masalah yang tetap tak terselesaikan.
4. Beberapa orang bisa berkompromi, atau memberikan sedikit dan mendapatkan sedikit. Kadang-kadang kompromi penting. Namun, menggunakan cara ini agar mendapatkan sesuatu untuk diri sendiri adalah tanggapan yang kurang baik terhadap suatu pertentangan/konflik.
5. Beberapa orang bersedia meluangkan waktu yang cukup dalam komunikasi secara langsung dan terbuka sehingga beberapa keinginan atau ide-ide mereka yang semula berubah, mereka puas dengan jalan keluar yang sudah mereka setujui. Mereka telah menyelesaikan pertentangan tersebut. Bacalah  Efe 4:29-32.

Orang yang memiliki pola pikir bertumbuh, mereka percaya kecerdasan bisa berkembang. Ia terpicu untuk memaksimalkan potensi dirinya. Ia terpicu untuk melihat sebagus apa ia akan menciptakan kehidupannya. Ia yakin apapun bisa dicapai dengan cara mau belajar dan mengambil tindakan. Memang mengambil tindakan dan menghadapi hal yang baru adalah sesuatu yang tidak mudah dan nyaman dilakukan. Tapi ini sangat menantang.

Orang dengan pola pikir bertumbuh menyambut tantangan dan perubahan. Ia tidak ingin kehidupannya sama. Sukses adalah berubah, menyesuaikan diri dan mengatasi perubahan itu. Ia sangat memahami, dengan melewati tantangan ini, ia akan lebih kuat dan lebih besar.
Menjalaninya tidak mudah. Namun, ia tidak pernah menyerah. Ia akan terus mencari jalan. Mempelajari bagaimana mengatasinya, bertumbuh dari kesulitan yang ia alami. Saat ujian datang, itu juga berarti sebentar lagi naik kelas. Saat kegagalan datang, itu adalah proses belajar. Dan mereka memahami, itu bukan hasil akhir selama mereka terus melakukan sesuatu.

Usaha tidak selalu langsung menghasilkan, namun, usaha adalah proses yang perlu dilakukan untuk menjadi orang yang lebih baik. Untuk membentuk jalan kesuksesan. Bahkan jika usaha itu layaknya seperti hanya menebas beberapa helai rumput dari semak belukar yang menghadang jalannya. Semua orang tidak selalu setiap saat bisa melihat tujuannya dengan jelas. Namun, dalam dirinya, yakin sekali bahwa apa yang ada di ujung jalan ini adalah kehidupan yang ia inginkan.

Ia belajar dari kritik. Seperti seorang peselancar yang selalu menari di atas ombak. Kritik adalah kesempatan melihat apa yang dilakukan dari sudut pandang berbeda. Ia tidak merasa itu menjatuhkan, namun membantunya lebih cepat tumbuh. Ia bahagia melihat orang lain sukses. Ia bersyukur dengan apa yang ia dapatkan, Ia juga mendoakan orang sukses. Ia percaya proses yang telah mereka lakukan di masa lalulah yang membawa mereka menikmati apa yang mereka dapatkan hari ini. 

Dengan pola pikir seperti ini Bidu terpicu untuk menjadi lebih baik setiap hari. Ia membangkitkan potensi dalam dirinya. Ia menggunakan apa yang telah Tuhan titipkan dalam dirinya. Ia akan terus bertumbuh dan berkembang dengan umpan balik positif.

Ide sebuah perubahan sebenarnya sederhana. Bagi sebagian orang, perubahan adalah hal yang berhubungan dengan materi yang lebih baik. Kesejahteraan yang lebih baik. Kekayaan, uang. Jadi perubahan yang lebih baik itu berarti lebih banyak kekayaan dan uang bukan? Ternyata bukan demikian, Uang hanyalah simbol dari keberhasilan kita melakukan perubahan itu.

\selamat berubah selamat bertumbuh 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARI BARU

 Selamat Siang! kembali bertemu lagi, maafkan vacum yang begitu lama karena satu dan lain hal juga status baru aku. Alhamdulillah resmi meni...