Senin, 14 Mei 2018

GOAL BULAN RAMADHAN

Alhamdulillah kita bertemu lagi dengan bulan yang amat mulia yaitu bulan Ramadhan. Bulan dimana diturunkannya Kitab Suci Umat Islam yaitu Al Quran. Bulan dimana berbagai ampunan serta keberkahan diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hambaNya yang bertaqwa.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Alloh mewajibkan puasa atas kalian di dalamnya. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka Jahim ditutup, setan-setan dibelenggu dan di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang diharamkan mendapatkan kebaikan malam itu, maka ia telah diharamkan.” (HR. Ahmad, dishahihkan al-Arna’uth)

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Alloh) maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Bulan ramadhan tinggal menghitung hari, semoga kuat menjalaninya di wilayah yang panas ini ya allah heheu ... oia, karena tahun kemarin terlalu hectic dengan kerjaan sehingga target rada molor, maka dari itu tahun ini harus lebih baik lagi karena rada nyantai dikerjaan tapi padat tugas di rumah. Semoga sukses cyma ... 

Mau tau targetnya? siapa tau bisa berlomba-lomba dalam kebaikan sama teman-teman semua, yuk diintip ...

1. Shaum Penuh selama 1 bulan

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Alloh) maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Ttttapi berhubung perempuan yaa ... biasanya ada aja bocornya semoga bisa lebih sedikit bocornya agar maksimal ibadahnya dan bisa memaksimalkan diwaktu-waktu saat kita berhalangan puasa.
 
2. Perbanyak membaca Al Quran dan Mengkhatamkan Quran

“Rosululloh  adalah orang yang paling dermawan dan lebih akan dermawan lagi di bulan Ramadhan ketika Jibril  menemuinya pada setiap malam, lalu saling membacakan al-Qur’an dengannya.” (HR. al-Bukhari)

Nah target kali ini aku bisa hatam minimal 2x. Ya semoga bisa lebih dari itu.Aamiin mau tau caranya? nih buat kalian minimal habis solat wajib yang lima waktu bisa baca minimal 10 lembar insya allah akan hatam minimal 2x per bulan shaum. Lebih baik jika lebih dari itu, tetapi asal bisa konsisten atau istiqomah melakukannya insya allah bisa kok, yuk diniatkan dan dijalankan ya

3. Melaksanakan Shalat Dhuha
 
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, Pada setiap persendian salah seorang di antara kalian terdapat sedekah. Setiap tahmīd (bacaan al-hamdu lillah) adalah sedekah, setiap tahlīl (ba-caan lā ilāha illalloh) adalah sedekah, setiap takbīr (bacaan Allohu akbar) adalah sedekah dan amar ma’rūf nahir munkar adalah sedekah. Dan itu semua tercukupi dengan dua raka’at yang dilaksa-nakan di waktu pagi (shalat Dhuha).” (HR. Muslim)

nah sholat dhuha bisa dilakukan mulai kalian sebelum berangkat kerja misal jam 07.15 WIB atau jam 9.00 WIB saat baru tiba di kantor. Banyaknya rakaat minimal 4 rakaat agar menjadi luar biasa ya ... kan biasanya 2 rakaat ;p

4. Membaca doa pagi dan petang

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang melakukan shalat Shubuh ber-jama’ah kemudian duduk berdzikir mengingat Alloh hingga terbit matahari lalu shalat dua raka’at, maka ia mendapatkan pahala haji dan ‘umrah secara sempurna. Nabi mengulanginya sebanyak 3 X).” (HR. at-Tirmidzi, dihasankan al-Albani)

5. Shalat 5 waktu berjamaah di masjid

Ini yang merupakan fenomena aneh yang berada di masyarakat kita dimana mereka giat sekali melaksanakan ibadah-ibadah sunnah namun malah melupakan ibadah wajib yaitu shalat 5 waktu. Padahal telah jelas dikhabarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam sabdanya
“Pembedakan muslim dengan kafir adalah meninggalkan sholat.”
Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan Ashabus Sunan kecuali An-Nasa’i.
 
6. Memperbanyak Sedekah
 
“Rosululloh  adalah orang yang paling dermawan dan lebih akan dermawan lagi di bulan Ramadhan ketika Jibril  menemuinya pada setiap malam, lalu saling membacakan al-Qur’an dengannya.” (HR. al-Bukhari)

Untuk istri-istri yang baru menikah salah satunya menyiapkan sahur dan buka shaum untuk keluarga di rumah juga jadi ladang ibadah loh.
 
7. Melaksanakan Shalat Tarawih

“Barangsiapa yang mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala Alloh semata, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

“Barangsiapa yang shalat (tarawih) bersama imam sampai selesai, maka akan dicatat baginya (pahala) shalat sepanjang malam” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi, dan ia berkata hadits hasan shahih)

Jangan sampai tergoda ketika buka puasa bersama di luar bersama teman-teman atau belanja menuju hari lebaran, hehe juga harus tetap melakukan tarawih yaa ...
 

8. Melaksanakan Itikaf

I’tikaf Ramadhan adalah kesempatan terbaik bagi orang yang ingin mendapatkan kebahagiaan sejati. Karena di dalamnya terdapat berbagai macam hadiah yang telah disimpan untuk para hamba, tepat pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

Menjelang berakhirnya Ramadhan, sudah selayaknya jika kita beri’tikaf, yakni berkhalwat untuk ibadah, sebagai sebuah persiapan, pemantapan dan latihan untuk menghadapi sebelas bulan yang akan datang.

9. Mencari Lailatul Qadar

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “(Waktu datangnya) Lailatul Qadar diperlihatkan kepadaku. Kemudian salah seorang keluargaku telah membuyarkan konsentrasiku, (sehingga) aku pun lupa darinya, maka carilah ia pada sepuluh (malam) terakhir.” (HR. Muslim)
Lailatul Qadar atau malam kemuliaan setara dengan 83 tahun 4 bulan dari umur kita, maka tambahkanlah amal-amal kita yang banyak di waktu-waktu yang sedikit tersebut agar kita mendapatkan keberkahan yang besar dan beruntung mendapatkan surga.

10. Memberi makan orang yang berpuasa
 
“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)
 
Demikianlah beberapa Target Ramadhan yang harus kita persiapkan saat memasuki bulan Ramadhan, agar kita memiliki tujuan dan konsep yang jelas dalam menyambut bulan yang mulia ini. Semoga bermanfaat. Wallahu Alam.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARI BARU

 Selamat Siang! kembali bertemu lagi, maafkan vacum yang begitu lama karena satu dan lain hal juga status baru aku. Alhamdulillah resmi meni...