Senin, 09 Oktober 2017

Bicara Banjir Garut

Menurut Edi Muharam, Kepala Bidang Rehabilitasi Lahan dan Pengembangan, Dinas Kehutanan Garut dalam wawancaranya dengan Radio Nederland Werel domroep [RNW], program tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu:
Letak kawasan hutan Kabupaten Garut yang berada di hulu Sungai Cimanuk, dan di dominasi oleh pegunungan. Mengacu pada Keputusan Menteri Kehutanan No. 195 Tahun 2003, Kabupaten Garut memiliki kawasan hutan yang terluas dibandingkan daerah lain di Provinsi Jawa Barat yaitu seluas 107.865 Ha dengan hutan lindung seluas 75.572 Ha, hutan konservasi seluas 26.727 Ha, hutan produksi terbatas (HPT) seluas 5.400 Ha , dan hutan produksi seluas 1.66 Ha.
Secara geografis, keseluruhan kawasan hutan tersebut berlokasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk Hulu, DAS Cikaengan/Cisanggiri, DAS Cilayu/Cikandang, dan DAS Ciwulan Hulu. Itulah sebabnya keberlangsungan hutan menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung fungsi ekologi dan produksi di Kabupaten ini.
Program penghijauan di DAS tentulah sangat penting dilakukan agar dapat memenuhi fungsinya sebagai DAS Cimanuk yang akan mengairi areal persawahan disekitarnya (Disadur dari Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah 2011 ISBN: 978 - 602 - 96848 - 2 - 7 LAB - ANE FISIP Untirta [ 59 ] )

Sumber daya hutan di Kabupaten Garut yang semestinya dijaga, telah mengalami degradasi. Hal itu dapat disimpulkan dari banyaknya lahan kritis yang terdapat di daerah ini. Pada tahun 2009 luas lahan kritis di Kabupaten Garut mencapai 31.553 Ha. Nah, Lahan kritis ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut:
1. Tekanan dan pertambahan penduduk;
2. Luas areal pertanian yang tidak sesuai;
3. Pengolahan hutan yang tidak baik dan penebangan illegal;
4. Pembakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali;
5. Ekploitasi bahan tambang;

Sekarang saat sudah agak dibenahi, dibantu dengan bantuan dari BNPB, BNPB-P dan Dinas Sosial, Garut mulai bangkit dan menata kembali. Namun saat ini timbul masalah baru yakni eksploitasi galian pasir/tambang sepanjang jalan di Kab. Garut khususnya jalur Bandung-Garut yakni daerah Leles, Warung peteuy dan Limbangan. PR baru yang harus diselesaikan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARI BARU

 Selamat Siang! kembali bertemu lagi, maafkan vacum yang begitu lama karena satu dan lain hal juga status baru aku. Alhamdulillah resmi meni...