Jumat, 20 Januari 2017

#ExploreBandungBarat: Curug Malela dan Curug Manglid

Ehm, hari ini diluar rencana sekali. Niatnya hanya ingin ikut gathering di Bandung. Ternyata sekalian aja kita jalan-jalan dengan tujuan curug yang tertunda bertahun-tahun lalu dan baru akan terealisasi di awal 2017 ini hehe.

Yups, kami (aku,bibi,dan mamang tim Kolega Adventure) memutuskan untuk jalan menembus rintangan gunung Halu dan Bandung Barat menyusuri alias menapaki dan menjejaki (#Haduh bahasanya) Curug Malela dan curug Manglid yang punya potensi wisata luar biasa bagi daerah #BandungBarat. Awalnya pengen nyoba main diketinggian dengan acara terjun bebas di Cililin. Namun  mungkin akan dijadwalkan bulan berikutnya hehe.

Kami mulai jalan menuju kawasan Curug malela sekitar pukul 9 pagi dari Cililin. Ini cukup siang karena dari mulai pukul 3 pagi Bandung sudah mulai diguyur hujan deras, sampai mulai pesimis bahwa ini akan gagal berangkat. Tapi Alhamdulillah jam 8 sudah agak reda, akhirnya kami memutuskan untuk berangkat karena mengingat dan memprediksi cuaca akan cerah disiang harinya. Kami berangkat kurang lebih ada 5 motor. 3 motor konfoi dan sisanya ketemu di meetingpoint curug malela. Perjalanan ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan motor. Cocok banget kalau bawa motor cross karena medan sangat “menantang”, apalagi kami datang selepas hujan menyambut, jadi makin “sesuatu” sekali. Tapi pemandangan yang disuguhkan alam kala itu luar bias membuat lelah diperjalanan hilang … lang … lang… meski kaki dan sepatu kami mulai lemas hehe.

Ada beberapa spot foto yang sudah disiapkan oleh pengelola untuk mengabadikan keindahan alamnya. Cocok buat kamu yang mau mengabadikan foto. Namun lagi-lagi beberapa aksi vandalism kami temukan selama perjalanan, terlebih akses dari pos terakhir menuju lokasi curug belum terlihat baik, meski lebih baik dari tahun-tahun awal si mamang masuk curug katanya.

Bagi kami yg pemula dan pertama kali datang sih sangat eksotis dan ekstrim hehe tapi berpotensi sangat, hanya pengelolaannya yang harus diperbaiki lagi agar memudahkan masyarakat atau pengunjung datang. Jika infrastruktur di’edun’kan yakin pengunjung juga akan edun dan menjadi potensi untuk menambah pemasukan daerah dari sisi pariwisata. Hanya saja harus diimbangi dengan pelestariannya. Tapi kalo di enakin sih gak menantang hanya diedunkan beberapa point saja.

Selama perjalanan kami bercerita tentang asal usul curug ini dan masih berkaitan dengan legenda  Tajimalela dan Prabu-prabu masa lalu di sejarah priangan dan tanah pasundan juga siliwangi. Sampai di lokasi kami menikmati dengan agak sedikit kecewa karena kondisi air keruh sangat kayak bajigur, ya berhubung 2 hari berturut-turutkondisi lokasi dan sekitrnya diguyur hujan besar terus. Spot foto gak terlalu mengecewakanlah, masih bias foto-foto kece meski gagal main air ;p. setelah kurang lebih 1 sampai 2 jam di curug malela kami memutuskan untuk melanjutkan menuju Goa dan curug manglid yang ada tepat didepan curug malela dan akses disebelah jalur menuju curug malela. Aksesnya lebih mudah, lebih landai dan singkat, air dan ketinggian curug lebih indah namun debit lebih kecil. Agak terobatilah bias bermain air disini.

Penasaran lalu goa manglidnya dimana? Ternyata menurut ibu-ibu warung, goanya berada diantara curug-curug manglid, kurang lebih ada cekungan yang berbentuk goa dibalik air curug tersebut. Kami berfoto dan berdiskusi juga berfoto season sebentar disini. Sekitar 1 jam di manglid dan akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Diperjalanan pulang aku sedikit tepar disbanding yang lain haha maklum sudah lama tak jalan, rutin olahraga ditambah nih pipi nambah berat soo akan nambah beban hidup haha

Hari itu bahagia senang dan nagih lagi, jadi weekend ini kemana lagi kita?
#ExploreMalela #ExploreManglid #ExploreBandungBarat #WisataLokal #WisataCurug #JelajahBandung #PejalanCantik #CeritaKu